Senin, 20 Januari 2014

Apa aja sih dampak positif & Negatif Internet itu ?

· Apa aja sih dampak positif & Negatif Internet itu ?

Bicara soal dampak positif & negatif dari Internet, tentu begitu banyak sekali manfaat dan penyimpangan yang dapat kita rasakan. Berikut salah satu dampak positif sekaligus negatif dari Internet : 

1.   Sebagai Media Sosial
Pada saat ini , tentunya salah satu manfaat Internet yang paling sering kita gunakan adalah sebagai media sosial. Situs – Situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Blogger, Tumblr, dll pastilah sering kita kunjungi pada saat kita tersambung dengan koneksi Internet.
Salah satu dampak positifnya adalah kita dapat belajar mengembangkan keterampilan teknis dan sosial yang sangat dibutuhkan di era digital seperti sekarang ini. kita akan belajar bagaimana cara beradaptasi, bersosialisasi dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan. Situs jejaring sosial dapat membuat kita menjadi lebih bersahabat, perhatian dan empati. Misalnya memberikan perhatian saat ada teman kita yang berulang tahun, mengomentari foto, video dan status teman kita, menjaga hubungan persahabatan meski tidak dapat bertemu secara fisik.
Lalu salah satu dampak negatifnya adalah kita akan menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat pemahaman bahasa pun menjadi terganggu. Jika kita terlalu banyak berkomunikasi di dunia maya, maka pengetahuan tentang seluk-beluk berkomunikasi di kehidupan nyata, seperti bahasa tubuh dan nada suara, menjadi berkurang. Situs jejaring sosial juga akan membuat kita lebih mementingkan diri kita sendiri. Kita menjadi tidak sadar akan lingkungan di sekitar kita, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Hal ini dapat mengakibatkan kita menjadi kurang berempati di dunia nyata.

2.   Sebagai Media Penjualan (E-Commerce)
Internet bukan hanya untuk mencari informasi saja, akan tetapi dapat digunakan sebagai tempat penjualan barang dan jasa. Munculnya istilah ini seiring dengan semakin berkembangnya disiplin ilmu komputer dan internet. E-com ini dapat diartikan sebagai pertukaran barang, jasa, atau informasi melalui medium elektronik dengan imbalan uang yang pembayarannya dilakukan dengan menggunakan credit card (kartu kredit). Tentu saja dengan ini, seseorang/sebuah perusahaan dapat menghemat pengeluaran mereka. Karena mereka tidak lagi harus mengeluarkan biaya untuk gaji pegawai dan infrastruktur fisik mereka. Sebagai konsumen dari E-com ini , mereka mendapatkan kenyamanan lebih besar dan pilihan yang lebih banyak untuk barang atau jasa yang akan dibeli dengan harga yang baik pula.
Namun , kemudahan dari layanan E-com ini seringkali disalah gunakan oleh mereka yang tidak bertanggung jawab. Mereka yang tidak bertanggung jawab ini, memanfaatkan layanan E-com ini sebagai jalan mereka untuk mencuri data – data penting seperti username, password atau lainnya yang bisa digunakan mereka untuk merauk keuntungan semata. Berikut salah satu cara mereka untuk mencuri data – data penting kita yang harus/wajib kita waspadai :
·            SPAM
Spam adalah e-mail sampah yang kerap datang bertubi tubi ke mailbox kita, tanpa kita kehendaki. Isi dari spam tersebut bermacam-macam, dari sekedar menawarkan produk / jasa hingga penipuan berkedok bisnis kerjasama, tawaran multi-level marketing dan iklan-iklan yang tidak dikehendaki. Spam termasuk ke dalam daftar masalah keamanan yang serius karena dapat digunakan untuk mengirimkan trojan, virus, worm, spyware, dan sasaran serangan phishing.
·            MALWARE
Malware adalah sebuah program berisi kode berbahaya, termasuk di antaranya virus, worm, dan trojan. Malware menyebarkan diri dengan memanfaatkan media-media komunikasi populer, seperti email, pesan instan, situs, dan material download lewat koneksi peer to-peer. Malware juga akan berusaha mengeksploitasi kelemahan pada sistem.
·            SPYWARE
Spyware adalah sebuah program jahat yang bersembunyi di dalam komputer. Sesuai namanya, program ini akan memata matai segala aktivitas yang kita lakukan di internet tanpa sepengetahuan kita, lalu mencuri data-data penting seperti username, password, dan informasi rekening bank. Data tersebut kemudian akan dikirim kepada si pembuat program. Spyware biasanya akan terinstal secara otomatis ketika kita men-download software tertentu, atau
mengklik iklan tertentu dari sebuah situs, atau mengklik link tertentu dari sebuah pesan e-mail atau yang muncul secara tiba-tiba di pesan instan. Kita mungkin tidak sadar menerima sebuah spyware ketika menyetujui “End User License Agreement” saat menginstal program software.
·            PHISHING
Dalam dunia internet, phishing dikenal juga sebagai aksi penipuan online yang mencoba mencuri data-data penting pengguna internet seperti username, password, dan detil informasi kartu kredit. Teknik serangan yang dilakukan umumnya dengan rekayasa sosial, misalnya dengan memanfaatkan isu isu terkini seperti peristiwa bencana alam dan gempa bumi, ajang kompetisi olahraga seperti Olimpiade atau Piala Dunia, dan sebagainya. Teknik ini digunakan untuk mengelabui kita agar mau menyerahkan informasi pribadi. Phishing biasanya menyebar lewat email yang mengatasnamakan sebuah perusahaan ternama, di mana kita akan mendapatkan link yang jika diklik maka link tersebut akan mengarahkan kita ke sebuah situs palsu yang mirip dengan situs resmi perusahaan. Lalu kita akan diminta untuk menginputkan username dan password serta data penting lainnya.

Berikut diatas adalah salah satu dampak positif dan negatif dari Internet, sebenarnya masih banyak lagi dampak positif dan negatif yang akan kita temui pada saat kita menggunakan Internet. Pendewasaan dan tanggung jawab kita sebagai user dari jasa Internet akan tumbuh seiring dengan lamanya kita mengenal Internet itu sendiri. Kesimpulannya adalah begitu banyak manfaat dari Internet yang dapat kita manfaatkan untuk kehidupan kita sehari hari ketimbang mudaratnya, jadi wise while online, think before posting ;) .

referensi buku : (Pedoman Berekspresi Online).



Artikel Terkait: